Panduan Belajar Gitar

Blog Ini Akan Membimbing Anda Dengan Cepat dalam bermain gitar

Mengenal Bagian-Bagian Gitar

Dalam mempelajari gitar kadang seseorang hanya memperhatikan chord. Alangkah baiknya jika kita dapat mempelajari dan mengenal akan bagian-bagian pada gitar.

Sesungguhnya secara umum kita ketahui ada 2 (dua) jenis gitar, yaitu : Gitar Akustik dan Gitar Elektrik. Pada umumnya kedua gitar tersebut memiliki beberapa bagian, yaitu :

1. Headstock (kepala)
2. Neck (leher)
3. Body (badan)

Masing-masing bagian pada gitar juga terdiri dari beberapa alat perangkat yang digunakan. Dibagian headstock biasanya dipasangkan Tuning Keys yang biasa disebut 'puteran'.
Tuning Keys berfungsi untuk mengatur ketegangan senar,
sehingga kita dapat mengatur suara dengan cara men-stem.
biasanya dipermukaan Headstock dipakai untuk tempat tulisan merk pada gitar.

Neck adalah leher panjang yang digunakan untuk memainkan chord. di bagian atas antara headstock dan neck terdapat nut yang berfungsi sebagai tongkrongan senar bagian atas agar tetap berada pada ketinggian suara senar yang merata (biasanya digunakan sebagai patokan los senar/senar 0).

Fret adalah kolom diantara dua batang logam yang memisahkan antara tiap-tiap kolom pada gitar (biasanya kita seringkali menyebutnya dengan "kolom"). pada umumnya fret ini hanya terdiri dari 19 kolom pada gitar akustik, sedangkan pada gitar elektrik pada umumnya berjumlah 23 kolom. Untuk gitar elektrik cenderung mempunyai neck yang lebih sempit daripada gitar akustik. Hal tersebut juga berfungsi untuk memudahkan para pemain dalam memainkan melodi/solo.

Fretboard
adalah lapisan kayu yang terpisah pada neck dimana permukaannya dipasang dengan logam yang memisahkan fret pada gitar (lapisan depan pada neck).

Fret Marker adalah sesuatu yang sengaja ditempatkan di fret untuk membantu pemain gitar untuk mengetahui fret/kolom pada gitar. Fret Marker ini biasanya diletakkan di kolom 3, 5, 7, 9, 12 dan seterusnya.

Body pada gitar akustik berbeda dengan gitar elektrik.
Untuk gitar akustik body ini terdapat lubang suara atau juga disebut dengan "Sound Hole". Sound Hole berfungsi untuk mengeluarkan suara. Sedangkan pada gitar elektrik tidak menggunakan Sound Hole, melainkan dengan menggunakan perangkat yang disebut dengan "pickup" (biasa disebut dengan spool). Pickup berfungsi sebagai penangkap suara senar. Gitar elektrik seringkali 3 (tiga) pickup yang terpisah.

Switch adalah perangkat yang terdapat pada gitar elektrik,
berfungsi untuk mengatur kombinasi pickup. Untuk suara dapat diatur dengan menggunakan "Control" untuk memperbesar dan memperkecil suara yang dihasilkan gitar.
Control ini terdiri dari Volume dan Tone. output jack adalah perangkat yang berfungsi sebagai tempat colokan jack yang menghubungkan antara gitar ke ampli gitar dengan bantuan kabel.

Gambar Bagian - Bagian Pada Gitar Elektrik

Bagian - Bagian Pada Gitar Elektrik

Gambar Bagian-Bagian Pada Gitar Akustik

Bagian Bagian Pada Gitar Akustik


Sekian artikel tentang mengenal bagian-bagian pada gitar,
Terima kasih sudah berkunjung. kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan demi kemajuan blog ini.

0 Response to "Mengenal Bagian-Bagian Gitar"

Post a Comment